Kacang Mete

jambu-meteMete adalah pohon dari keluarga Anacardiaceae . Bahasa Inggrisnya berasal dari nama Portugis untuk buah dari pohon jambu mete, caju, yang pada gilirannya berasal dari nama Tupi adat, acajú. Awalnya asli Timur Laut Brazil, sekarang banyak ditanam di iklim tropis untuk biji kacang mete dan apel mete.
Nama Anacardium  mengacu pada bentuk buah, yang terlihat seperti hati yang terbalik (ana berarti “atas” dan-Cardium berarti “hati”). Dalam bahasa tupian acajú berarti “kacang yang memproduksi sendiri” .

Pohon ini kecil dan hijau, tumbuh sampai 10-12m (~ 32 kaki), dengan batangpendek dan seringkali berbentuk tidak teratur. Daunnya beraturan, kasar bertekstur, berbentuk bulat panjang 4 sampai 22 cm panjang dan 2 sampai 15 cm yang luas, dengan margin mulus. Bunga-bunga diproduksi di ujung tangkai daun  hingga 26 cm, masing-masing bunga kecil, hijau pucat pada awalnya kemudian berubah kemerahan, dengan lima ramping, kelopak akut 7 sampai 15 mm. Tanaman jambu mete terbesar di dunia meliputi area seluas sekitar 7.500 meter persegi (81.000 kaki persegi).

Buah dari pohon jambu adalah buah aksesori (kadang-kadang disebut pseudocarp atau buah palsu). Apa yang tampaknya menjadi buah adalah struktur oval atau berbentuk buah pir, hypocarpium, yang berkembang  dari bunga mete disebut apel mete, lebih dikenal di Amerika Tengah sebagai “Marañón”. Itu matang ke dalam struktur kuning dan / atau merah sekitar 5-11 cm. Buah ini dapat dimakan, dan memiliki bau yang kuat “manis”  dan rasa manis. Daging apel mete sangat berair, tapi kulit rapuh, sehingga tidak cocok untuk sering berpindah tempat. Di Amerika Latin, minuman buah terbuat dari daging apel mete yang memiliki rasa yang sangat menyegarkan dan rasa tropis yang dapat digambarkan seperti mangga, paprika hijau mentah, dan seperti jeruk.

Buah sebenarnya dari pohon jambu mete adalah ginjal buahnya yang tumbuh pada ujung apel mete. Berkembang pertama di pohon, dan kemudian  mengembang menjadi apel mete. Dalam buah yang benar adalah satu biji, kacang mete. Meskipun kacang dalam arti kuliner, dalam arti botani kacang mete adalah benih. Benih ini dikelilingi oleh kulit ganda mengandung resin fenolik , asam anakardat, merupakan iritan kimia bagi kulit yang ampuh.  Memanggang Kacang mete dengan benar dapat menghancurkan racun di dalamnya, tetapi harus dilakukan di luar ruangan karena bisa menyebabkan iritasi paru-paru.

One Response to Kacang Mete
  1. […] utama tanaman jambu mete (Anacardium occidentale ) adalah kacang mete. Sedangkan produk samping seperti buah semu dapat diolah menjadi sirup, anggur, abon , selai, dodol, […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>